Sejarah RS. PKU Muhammadiyah

depan rs

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya yang sekarang berdiri di JL. KH Mas Mansyur Surabaya menyimpan sejarah tersendiri dalam perkembangannya. tapak- tapak sejarah tersebut memiliki nilai tersendiri karena dlam perjalanan sejarahnya melibatkan tokoh- tokoh terbaik dari Muhammadiyah sendiri (KH. Mas Mansyur) maupun tokoh- tokoh nasional (dr. Soetomo).

Berawal dari sebuah PKU (Penolong Kesejahteraan Umum) Muhammadiyah urusan Musytasyfa(Balai Kesehatan) yang dibuka pada ahad padi tanggal 14 September 1924 resmi dibuka di Jl. Sidoadi 57 Surabaya. pada peresmian tersebut hadir pengurus besar Muhammadiyah yaitu: KH. Syudja dan H. Hadhikusumo dan juga dihadiri Direktur CBZ Simpang dr. Tamm. Turut hadir dr. Soetomo dan KH. Mas Mansyur selaku tuan rumah.

Pada saat itu PKU Muhammadiyah Surabaya merupakan satu- satunya poliklinik pertama yang dimiliki oleh warga pribumi di Jawa Timur.

Pada tahun 1925, PKU Muhammadiyah Surabaya pindah ke gedung agak luas di Jl. Karang Tembok. Empat tahun kemudian (1929) PKU Muhammadiyah pindah lagi ke Jl. KH. Mas Mansyur 180- 182 Surabaya, gedung yang ditempati sampai saat ini. Sebelum PKU Muhammadiyah bertempat sementara di Ampel Maghfur, sejak saat ini balai kesehatan Muhammadiyah dipimpin oleh dr. Muhammad Soewandhie yang sekarang diabadikan sebagai nama rumah sakit milik Pemerintah Kota Surabaya.

Pada tahun 2012 dimulai era baru dalam sejarah Muhammadiyah yaitu pada tanggal 14 Maret 2012 resmi menjadi rumah sakit umum yang ditandai dengan peresmiannya oleh Walikota Surabaya Drs. Bambang DH, Mpd.

Untuk mengenang dan mengingat tapak- tapak sejarah tersebut, sejak tahun 2013 RS. Muhammadiyah berubah nama menjadi RS. PKU Muhammadiyah Surabaya.

Iklan

RS. PKU Muhammadiyah Surabaya adalah rumah sakit yang sedang berkembang, baik lagi dari struktur management karyawannya maupun dari segi bangunannya.

dr Achmad Azis,Direktur RS. PKU Muhammadiyah Surabaya

RS. PKU Muhammadiyah adalah rumah sakit yang berbasis islami, dimana kami selalu mengutamakan kesembuhan dan kenyamanan pasien.

Yul Chaidir SE,Ketua Bagian Umum RS. PKU Muhammadiyah